Orang Miskin Dapat Rp 400.000 Untuk 2 Bulan, Ini Asal Dananya

Jakarta -Pemerintah telah menyiapkan kompensasi untuk masyarakat berpendapatan rendah, pasca kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi. Masyarakat miskin mendapat Rp 400 ribu/rumah tangga lewat Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Anggaran Rp 400 ribu ini akan dibagikan selama November dan Desember 2014.


Dana kompensasi tersebut diambil dari cadangan risiko fiskal yang dianggarkan pada APBN Perubahan (APBN-P) 2014. Nilainya Rp 6,2 triliun untuk kompensasi dan Rp 200 miliar untuk kartu.


"Kebutuhan kompensasi untuk 2 bulan adalah Rp 6,2 triliun, dan untuk kartu Rp 200 miliar," ungkap Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro di Gedung Djuanda, Kemenkeu, Jakarta, Selasa (18/11/2014)


Total anggaran cadangan risiko fiskal adalah Rp 7,3 triliun. Untuk pencairannya tidak perlu mekanisme perizinan ke DPR. Dalam UU APBN-P 2014 disebutkan anggaran bisa dicairkan sewaktu-waktu untuk kegiatan tertentu.


"Kegiatan yang dimaksud tentunya juga harus jelas dari K/L (kementerian/lembaga) yang akan menggunakan anggaran itu," terangnya.


Mekanisme pemberian kompensasi adalah menggunakan kartu dengan nama kartu Indonesia sejahtera. Masyarakat bisa sekaligus mengambil uang sebesar Rp 400 ribu sejak hari ini.Next


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!