Dana Asing Masuk Indonesia Rp 177 Triliun, Terbesar Sepanjang Masa

Jakarta -Bank Indonesia mengkalaim bahwa stabilitas kebijakan ekonomi nasional telah meningkatkan kepercayaan investor global kepada Indonesia. Hal ini tergambar dari besarnya aliran dana masuk ke tanah air yang konon tercatat sebagai yang terbesar dalam sejarah.

"Investasi protofolio selama Januari sampai pertengahan November 2014 mencapai Rp 177,75 triliun. Jumlah itu jauh lebih besar dari keseluruhan tahun 2013 yang hanya Rp 35,9 triliun," ujar Gubernur BI Agus DW Martowardojo dalam sabutannya pada acara Bankers Dinner di JCC, Jakarta, Kamis (20/11/2014).


Aliran ini, lanjut dia, menambah gairah investasi di Pasar Saham dan Surat Berharga Negara (SBN). Meningkatnya kepercayaan investor global, kata dia, juga didukung oleh kondisi pasar keuangan yang terus membaik.


"Hal ini ditunjukkan oleh credit default swap (tingkat risiko gagal bayar utang) telah menurun drastis dari 303 bps pada Agustus 2013 menjadi 142 bps pada pertengahan November 2014," jelasnya.


Kondisi ini ditambahkannya, telah menopang surplus Neraca Pembayaran Indonesia sehingga kecukupan cadangan devisa tetap tercagai.


"Sampai Oktober 2014 cadangan devisa Indonesia mencapai US$ 112 miliar setara 6,4 bulan kebutuhan impor dan pembayaran utang luar negeri Pemerintah," papar dia.


Dalam pidatonya, Agus juga melaporkan tekanan inflasi menunjukkan tren penurunan. Sampai Triwulan III-2014, tingkat inflasi menunjukkan tren penurunan mencapai 4,53%. Lebih rendah dibanding periode yang sama tahun sebelumnya sebesar 8,4%.


(dna/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!