Di Depan Kepala Daerah Se-Indonesia, Jokowi: Kenapa Sih Senang Bu Susi?

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat menyebut beberapa kali nama Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas). Jokowi juga sempat melontarkan pertanyaan kepada para kepala daerah soal kenapa Menteri Susi banyak disenangi publik.

"Mana Bu Susi? Kenapa sih senang Bu Susi semuanya? Kalau sekarang ke kampung nelayan, itu pada bilang 'Bu Susi, Bu Susi'," canda Jokowi yang disambut tawa dan tepuk tangan peserta Musrenbangnas, yaitu para menteri hingga bupati/walikota seluruh Indonesia. Susi yang disebut namanya oleh Jokowi terlihat senyum-senyum.


Jokowi melanjutkan, langkah Susi menenggelamkan kapal asing pencuri ikan memang harus dilakukan. Indonesia harus tegas terhadap pelaku illegal fishing.


"Memang harus tegas, itu ilegal. Sudah tidak boleh lagi," kata Jokowi.


"Indonesia adalah 2/3 areanya laut. Sebab itu saatnya kita kembali ke laut, ke samudera, teluk," kata Jokowi dalam sambutannya di acara Musrenbangnas di komplek Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis (18/12/2014).


Jokowi menyebutkan, salah satu yang akan dilakukan adalah menjaga keamanan laut. Dia mengungkapkan bahwa aksi pencurian ikan (illegal fishing) masih marak terjadi di Indonesia.


"Untuk diketahui saja, Rp 300 triliun hilang dari illegal fishing. Oleh sebab itu harus dihentikan. Jangan sampai ada kapal mencuri ikan," tegas Jokowi.


Menurut Jokowi, saat ini terdapat 5.400-7.000 kapal asing yang beredar di Indonesia dan 90% adalah ilegal. Oleh karena itu, Jokowi ingin ada tindakan tegas.


"Saya ingin itu ditenggelamkan lagi. Masa dari 5.000-7.000 cuma 3 (yang sudah ditenggelamkan). Ini bukan perintah, karena perintahnya sudah 2 bulan yang lalu," tegas Jokowi.


(hds/hen)