OJK Gelar Pasar Keuangan Rakyat di Kemayoran

Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (JK) hari ini menggelar Pasar Keuangan Rakyat (PKR) dan layanan keuangan rakyat atau pasar 'uang'. Acara yang berlangsung di JIExpo Kemayoran mulai hari ini hingga besok merupakan bagian dari tujuan OJK memberikan edukasi produk jasa keuangan atau literasi keuangan.

OJK beralasan selama ini produk jasa keuangan masih belum otimal diserap dan diketahui oleh masyarakat khususnya layanan dan produk keuangan yang bersifat mikro.


"Acara ini cerminan kerjasama yang kita harapkan. Peningkatan akses keuangan, kita sediakan produk layanan mikro dengan harga terjangka, bangunan mikro, kredit mikro, asuransi mikro," ungkap Ketua Komisioner OJK Muliaman D Hadad saat pembukaan acara PKR 2014, Sabtu (20/12/2014).


Untuk mempercepat penyebaran layanan dan produk jasa keuangan, OJK mendorong program edukasi hingga perluasan akses. Untuk akses produk jasa keuangan, layanan branch less banking ke depan akan menjadi tumpuan.


"Ada 2 hal utama didorong perluasan akses ke masyarakat dan peningkatan pengetahuan kepada masyarakat," imbuhnya.


Di tempat yang sama, anggota Komisoner OJK Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kusumaningtuti menjelaskan tentang peran penting dari akses dan ketersediaan produk jasa keuangan bagi perekonomian. Pemahaman hingga penggunaan produk jasa keuangan ternyata memiliki peran terhadap pertumbuhan ekonomi dan stabilitas ekonomi makro.


"Riset OJK tahu 2013, menemukan 2 hal yakni kendala utama yang penting dalam mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dan stabilitas makro. Pertama rendahnya pemahaman terhadap produk jasa keuangan. Kedua ialah rendahnya penggunaan jasa atau produk keuangan," katanya.


Pada acara Pasar Keuangan Rakyat 2014, hadir antara lain Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani hingga petinggi perusahaan jasa keuangan. Acara ini juga diikuti oleh ratusan perusahaan jasa keuangan seperti asuransi, perbankan hingga pembiayaan.


(wij/dnl)