Harga Tiket Kapal Hampir Sama dengan Pesawat, Jonan: Enakan Naik Pesawat

Jakarta -Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menyinggung tarif angkutan laut penumpang jarak jauh yang hampir sama dengan angkutan udara. Selisih harga tiket kapal dan pesawat yang kecil membuat penumpang lebih pilih transportasi udara.

Ia menyebut penumpang saat ini lebih memprioritaskan kecepatan waktu jika selisih tiket penumpang tidak terpaut jauh. Pernyataan Jonan muncul saat mendengar penjelasan penumpang tentang tarif.


"Tiket Jakarta-Medan? Lion atau Sriwijaya berapa? Kalau kapal Rp 450.000 dan pesawat Rp 600.000. Enakan naik pesawat karena orang sekarang kejar waktu," kata Jonan di dalam KM Kelud, area Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (19/12/2014).


Jonan juga menyinggung tentang tarif kelas 1 untung angkutan kapal Pelni rute Jakarta-Batam-Tanjung Balai-Belawan. Jumlah penumpang kelas 1 sangat sepi padahal rute tersebut merupakan salah satu tujuan favorit.


"Kelas satu kosong banget," jelasnya.


Melihat kondisi ini, Jonan menyarankan agar manajemen Pelni untuk membuat konsep layanan kapal yang satu kelas. Artinya setiap kapal tidak terdiri dari beberapa kelas.


"Kalau single class gimana?," jelasnya.


Mendengar saran Jonan, Direktur Utama Pelni Sulistyo Wimbo menyebut pihaknya akan mengkaji rencana tersebut.


"Saya maunya untuk kelasnya satu, nggak ada kelas-kelasan," Wimbo.


(feb/ang)