Jokowi: Lebih Dari 17 Tahun NTT Tak Bikin Waduk Baru

Kupang -Setelah menyaksikan kerjasama MoU antara Provinsi DKI Jakarta dengan Nusa Tenggara Timur (NTT) di bidang peternakan dan Provinsi Jawa Tengah dengan NTT di bidang perikanan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) membicarakan banyak hal. Jokowi berjanji membangun 49 waduk selama 5 tahun masa pemerintahannya.

"Kita akan membangun waduk yang luas dan kita targetkan mulai tahun ke depan di seluruh Indonesia ada 49 waduk yang akan kita bangun dalam 5 tahun ke depan," kata Jokowi saat menghadiri Hari Ulang Tahun ke-56 Provinsi NTT di rumah Gubernur NTT Frans Lebu Raya di Jalan Eltari, Kupang, Sabtu (20/12/2014).


Janji Jokowi tersebut diungkapkan, karena minimnya jumlah waduk di Indonesia. Di NTT saja, menurut Jokowi selama lebih dari 17 tahun tak lagi mampu membangun waduk baru.


"Lebih dari 17 tahun NTT saja tidak pernah bangun waduk sekalipun," imbuhnya.


Hari ini Jokowi direncanakan meresmikan Bendungan Ragnamo di NTT. Bendungan seluas 147 hektar ini nantinya mampu memenuhi persedian air baku maupun air untuk keperluan pertanian masyarakat NTT.


"Saya dikejar Pak Gubernur ditelepon setiap hari. Saya katakan sudah nanti pas ulang tahun diresmikan Waduk Ragnamo seluas 147 hektar. Nantinya NTT pada saat hujan kita bisa tampung air dan pada saat kering bisa alirkan air baik ke sawah untuk pertanian dan air baku untuk rumah tangga," jelas Jokowi.


Acara ini juga dihadiri oleh Menteri Perindustrian Saleh Husin, dan Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadi Muljono ikut hadir. Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo


(wij/dnl)