Kunjungi Calon Bandara Baru Yogya, Menhub Jonan: Lokasinya Bagus

Yogyakarta -Menteri Perhubungan Ignasius Jonan melakukan kunjungan kerja ke Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Menhub Jonan mengunjungi lahan calon bandara baru di kabupaten Kulonprogo, DIY.

Usai dari Kulonprogo, Menhub Jonan bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan HB X di Keraton Kilen Yogyakarta. Ia melaporkan lokasi bandara kepada Sultan, setelah selesai dikunjunginya. Menhub mengatakan, bahwa lokasi bandara cukup bagus.


"Kami laporkan tentang pembangunan airport baru di Kulonporogo kepada Sultan sebagai kepala wilayahnya. Lokasinya bagus. Yang paling penting sebagai bandar udara internaional, dan bandara yang ada sekarang (Bandara Adisucipto) kapasitasnya kurang," kata Jonan, usai bertemu Sultan di Keraton Kilen, Yogyakarta, Kamis (5/2/2015).


Nantinya, untuk pembangunan bandara tersebut juga akan dibangun jalur transportasi seperti kereta api dan juga jalan raya. Soal di mana saja rute yang akan dibangun jalur transportasi masih dirahasiakan. "Nanti saja, nanti tanahnya naik," kata Jonan.


Apakah bandara baru di Kulonprogo nantinya bisa didarati pesawat untuk penerbangan jauh atau tidak, Jonan mengatakan, hal tersebut tergantung panjang landasan (runway). Bila landasan bandara panjang, menurut Jonan, bisa saja penerbangan Yogya-Tokyo, Yogya-Nagoya atau Eropa dibuka.


Direktur Utama PT Angkasa Pura I Tommy Soetomo mengatakan, pembangunan bandara baru di Kulonprogo telah memasuki tahap sosialisasi dan konsultasi publik. Tahap awal ini diharapkan bisa selesai bulan ini. Dan pembebasan lahan dapat dimulai pada Maret 2015.


(dnl/dnl)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com