Menteri Susi Sebut Ada Bekas Pejabat KKP Jadi Agen Kapal Asing Ilegal

Batam -Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti ‎menyebut bahwa 90% tugasnya menghadang illegal fishing. Menurut Susi, ada eks pejabat eselon I yang menjadi agen kapal-kapal asing dalam kegiatan illegal fishing.

"Jadi kalau (disebut) itu milik orang KKP, bukan pak. ‎Jadi semua kapal-kapal ini berbendera Indonesia, diatasnamakan orang Indonesia, tapi sebetulnya tetap registrasi dan kewarganegaraan kapal adalah milik asing," kata Susi menjawab pertanyaan bahwa sudah rahasia umum kalau kapal-kapal asing yang ditangkap merupakan milik oknum pejabat KKP.


Susi menyampaikan ini saat menjadi pembicara di Konvensi Media Massa dalam rangka rangkaian acara Hari Pers Nasional di Hotel Harmoni One, Batam, Kepulauan Riau, Sabtu (7/2/2015). Susi didaulat menjadi pembicara untuk tema "Opportunity and Challange of The Asean Economic Community 2015."


Selain Susi, hadir juga sebagai pembicara Rektor Universitas Paramadina Profesor Firmanzah, Sekretaris Jenderal ASEAN, Assistent Director Finance Integration Division ASEAN Economic Community Bambang Irawan, dan Wakil Ketua Umum Bidang ICT dan Penyiaran Kamar Dagang Indonesia Didie Soewando.


"Ya memang saya akui ada bekas eselon I KKP yang menjadi salah satu agen dari kapal-kapal asing ini. Jadi ada bekas eselon I, ada juga anggota DPR, banyak. Tapi intinya untuk saya sekarang, kerjaan saya 90% itu untuk illegal fishing,"‎ ujar Susi.


Kendata begitu, Susi enggan menjawab siapa nama pejabat tersebut. Susi mengatakan, pihaknya saat ini masih melakukan verifikasi.


"Nggak tahu (siapa namanya). Lagi diverifikasi," ujarnya saat ditanya usai acara.


(idh/ang)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com