Bila Ada yang Ngaku Bisa Loloskan Tes CPNS, Menteri Yuddy: Penipuan!

Jakarta -Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB) Yuddy Chrisnandi menegaskan bahwa tidak akan ada intervensi dari pihak mana pun dalam seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Kalau masih ada pihak-pihak yang menyatakan bisa meloloskan peserta tes CPNS, dipastikan bahwa hal itu merupakan penipuan.

Demikian ditegaskan Yuddy dalam keterangan resmi yang diterima Minggu (8/2/2015). Dalam seleksi CPNS 2014, seluruh Tes Kompetensi Dasar (TKD) menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dengan sistem ini, setiap proses dilaksanakan secara transparan, dan setiap tahapan bisa diketahui oleh publik.


Salah satu dampaknya, putri Presiden Joko Widodo (Jokowi) yaitu Kahiyang Ayu tidak lolos seleksi. Namun presiden tidak memaksakan diri untuk meluluskan putrinya.


"Teladan itu harus kita ikuti. Bupati, Wali Kota, Sekda, Kepala Dinas, Kepala BKD, dan seluruh jajaran ASN harus siap dengan kenyataan itu," tegas Yuddy.


Yuddy menambahkan, semula banyak instansi yang masih akan menggelar Tes Kompetensi Bidang (TKB). Tetapi dia menilai, di berbagai tempat TKB sering dimanfaatkan sebagai ajang KKN.


Oleh karena itu, Yuddy memutuskan instansi yang belum menggelar TKB sampai November 2014 tidak boleh malakukan TKB. "Untuk melaksanakan TKB harus mendapatkan izin dari Menteri PAN RB," ujarnya.


Diakui, dalam seleksi CPNS 2014 ini ada keterlambatan dari beberapa instansi dalam mengumumkan hasilnya. Salah satunya lantaran adanya afirmasi untuk beberapa daerah serta beberapa jabatan, seperti anak buah kapal.


"Tetapi semua proses itu berjalan secara transparan dan harus sesuai dengan prosedur yang sudah ditetapkan. Jadi masyarakat tak perlu khawatir dengan itu semua,' lanjut Yuddy.


(dna/hds)

Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com

Informasi pemasangan iklan

hubungi : sales[at]detik.com