Cegah Kongkalikong, Lelang Daging Sapi Impor akan Pakai IT

Jakarta - Kementerian Perdagangan (Kemendag) sedang menyiapkan mekanisme terbaru terkait pembagian kuota daging sapi impor yaitu melalui mekanisme lelang.

Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kementerian Perdagangan Bachrul Chairi mengatakan nantinya sistem lelang yang akan digunakan menerapkan mekanisme berbasis komputer atau informasi dan teknologi (IT).


"Tanpa orang yaitu dengan mekanisme elektronik atau mekanisme komputer," jelas Bachrul saat ditemui di Kantor Kementerian Peragangan Jakarta, Rabu (27/2/2013).


Kemudian untuk sistem lelangnya, Bachrul menuturkan sampai saat ini Kementerian Perdagangan masih membahas secara kongkrit. Namun ia membocorkan bahwa sistem lelang yang akan digunakan berbeda seperti sistem lelang biasa.


"Kita memang masih bahas. Kalau lelang biasa harga tinggi dia yang dapat kalau ini kita ubah yang terendah dia yang dapat. Dari importir ke pedagang, distributor kurang lebih harga itulah yang menjadi acuannya. Jadi misalnya, kita ada seribu ton dibutuhkan, nanti dibikin satu lot-nya 20 misalnya jadi ada 50 lot nah itu yang dilelang. Nanti importir akan lakukan lelang, nanti diurut dari yang termurah sampai yang termahal sampai batas 50 itulah yang dapat," paparnya.


Untuk itu, menurutnya ini dilakukan semata-mata untuk melindungi harga di tingkat konsumen. "Semua tetap sama, enggak ada perubahan. Pembagian jumlah yang akan dilelang namanya successful lower price. Tujuannya kita bisa menurunkan harga tertentu di tingkat konsumen," tuturnya.


(wij/hen)