Direktur Utama Pertamina Hulu Energi Diganti, Ada Apa?

Jakarta - Sejak sebulan lalu Direktur Utama Pertamina Hulu Energi (PHE) Salis Aprilian ditarik ke kantor Pusat Pertamina. Apa alasan pergantian Salis tersebut?

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir membenarkan pergantian jabatan Direktur Utama PHE tersebut. Pergantian tersebut dianggap biasa.


"Benar posisi Dirut PHE ada pergantian, Pak Salis ditarik ke kantor pusat Pertamina," kata Ali ketika dihubungi detikFinance, Rabu (27/2/2013).


Dikatakan Ali, Salis ditarik ke kantor pusat untuk menjabat posisi sebagai Vice President Gas dan Power Pertamina. "Pak Salis ditarik ke kantor pusat untuk menjadi Deputi Gas dan Power Pertamina," ujar Ali.


Ada kabar muncul, mutasi tersebut karena komentar Salis terkait rencana Pertamina mengambil alih Blok Mahakam di 2017 setelah kontrak Total E&P dan Inpex habis.


"Tidaklah, itu pergantian biasa. Pergantian ini wajar di tubuh Pertamina," tegas Ali.


Justru, kata Ali, perpindahan jabatan dari Direktur Utama PHE menjadi Senior Vice President Gas dan Power malah lebih tinggi jabatannya.


"Jutru lebih tinggi jabatannya Pak Salis saat ini dari sebelumnya sebagai Dirut PHE. Sekarangkan jadi Deputi Gas dan Power, itu satu level di bawah direktur, sekarangkan di kantor pusat, sebelumnya kan di anak perusahaan. Dulu Pak Salis di deputi Perencanaan Pertamina, kemudian ke Direktur Utama PHE, sekarang kembali ke pusat lagi di Deputi Gas," tandas Ali.


(rrd/dnl)