Pengusaha Minta Jokowi Bantu UKM Dapat Tempat di Mal Jakarta

Jakarta - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta meminta Gubernur DKI Joko Widodo (Jokowi) membuat aturan penyediaan tempat untuk Usaha Kecil Menengah (UKM) pada setiap mal di Jakarta. Salah satu tujuannya adalah untuk mengembangkan UKM di ibukota.

Ketua Umum Kadin DKI Jakarta Eddy Kuntadi menuturkan, langkah tersebut sebelumnya pernah ada, namun hanya imbauan. Sehingga perlu direkomedasikan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda).


"Itu sudah ada kita lakukan. Tapi belum ada peraturannya. Tapi sekarang akan kita rekomendasikan lagi ke gubernur," kata Eddy di Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Rabu (27/2/2013).


Eddy menyatakan, imbauan tidak akan kuat untuk mengatur pengusaha mal menyediakan ruang khusus untuk produk UKM. Padahal, mal adalah tempat strategis untuk memasarkan produk UKM.


"Jadi ada konsentrasi khusus UKM diberikan tempat. Tapi sekarang belum ada peraturannya. Jadi harusnya ada, maka itu kami dorong," terangnya.


Selain dorongan tersebut, Kadin Jakarta juga akan mendorong agar pembiayaan UKM dari perbankan lancar. Jokowi juga diminta menyediakan lembaga pendidikan khusus UKM.


"Kita adalah payung bagaimana menjembatani antara UKM dengan pemerintah," tutupnya.


(dnl/dnl)