Jelang Puasa, Pasar Tanah Abang Diserbu 15.000 Pengunjung/Hari

Jakarta - Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat menjelang Puasa mulai diserbu pembeli. Jumlah pengunjung melonjak hingga 50% menjelang bulan Puasa yang tinggal sepekan ke depan.

Berdasarkan pantauan detikFinance, pengunjung pasar Tanah Abang hari ini (Minggu, 30/6/2013) membludak hingga berdesak-desakan.


Ketua Koperasi Pedagang Tanah Abang Yasril Umar menuturkan jumlah pengunjung pasar Tanah Abang menjelang bulan puasa ini melonjak 50% dari biasanya yang hanya mencapai 10.000 orang per harinya. Artinya kini jumlah pengunjung ke Pasar Grosir tekstil dan produk tekstil terbesar di Indonesia tersebut rata-rata mencapai 15.000 pengunjung per hari.


"Perkiraan saya pengunjung per hari bisa mencapai 10.000 orang. Menjelang puasa ada peningkatan 50%," kata Yasril kepada detikFinance, di Jakarta, Minggu (30/6/2013).


Para pengunjung berbondong-bondong mencari barang-barang kebutuhan untuk Puasa dan Lebaran seperti baju gamis, baju koko, sarung, tas, aksesoris, dan lain-lain. Menurut pengakuan pedagang, biasanya menjelang Puasa pengunjung terus melonjak. Baju muslim seperti gamis dan baju koko paling banyak dicari.


"Ramai, ramai banget. Baju gamis biasanya paling laku soalnya bisa buat Lebaran juga," kata seorang pedagang baju gamis saat ditemui detikFinance, di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (30/6/2013).


Ada lagi penjual tas yang juga ramai diburu pembeli. Tas-tas murah yang hanya dijual Rp 40 ribu ini diberondong pembeli anak-anak muda. "Ayo dipilih-dipilih, obral cuma Rp 40 ribu saja," kata seorang pedagang.


(hen/hen)