Cecar Mentan Suswono, Anggota DPR Malu Indonesia Impor Cabai

Jakarta - Komisi IV DPR-RI sore ini melakukan rapat kerja (raker) dengan Menteri Pertanian (Mentan) Suswono. Suswono diberondong beberapa pertanyaan mulai dari persoalan sapi hingga impor cabai dalam rapat yang dimulai sejak pukul 15.00 WIB.

Salah satunya adalah anggota Komisi IV dari Fraksi PDI Perjuangan, I Made Urip mengaku malu dengan kenyataan, Indonesia harus mengimpor cabai dari China dan Vietnam. Dia mempertanyakan langsung hal ini kepada menteri asal PKS tersebut.


"Cabai impor 10.000 ton itu, cabai saja impor, bagaimana caranya Pak Menteri agar kita tidak impor, malu kita," kata Made di acara Raker bersama Komisi IV DPR, RI di Gedung DPR MPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (2/6/2013).


Selain itu, Anggota Komisi IV DPR dari dapil Bengkulu, Dewi Coryati mempertanyakan kebijakan pemerintah dalam memfokuskan peternakan sapi di daerah Nusa Tenggara Timur, padahal menurutnya, banyak daerah-daerah lain yang potensial untuk dijadikan peternakan.


"Kenapa harus dialokasikan dan difokuskan di NTT, di daerah saya di Bengkulu mampu menampung 800 ribu ekor sapi. Kalau di tempat ini bisa, kenapa harus di tempat lain. Kalau ada wabah penyakit di NTT, habis itu sapinya," katanya.


Beberapa anggota lain pun memberondong pertanyaan-pertanyaan sejenis. Juga ada yang menyinggung soal beberapa temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengenai impor daging sapi. Rapat berlangsung tertib mulai pukul 15.00 dan dijadwalkan selesai pada pukul 19.00. Beberapa kursi anggota DPR tampak tak terisi, namun rapat tetap berlangsung.


(zul/hen)