Djan Faridz: Saya Nggak Urus Tanah Abang, Urus Ciliwung Saja

Jakarta - Sejak menjabat sebagai Menteri Perumahan Rakyat, Djan Faridz mengaku tidak lagi mengurus perusahaan propertinya yaitu Priamanaya Group, yang selama ini menjadi pengembang Pasar Tanah Abang.

Djan yang sebelumnya disebutkan menjadi 'pembisik' Dirjen Pajak Fuad Rahmany soal banyaknya pedagang di Tanah Abang yang belum patuh membayar pajak, mengaku tidak lagi berurusan dengan Tanah Abang.


"Saya nggak ngurusin Tanah Abang, saya ngurusin Ciliwung saja," ujar Djan usai peresmian Rusunawa Rawa Bebek, Jakarta Timur, Selasa (2/7/2013).


Sebelumnya, Dirjen Pajak Fuad Rahmany mengatakan, dirinya mendapat informasi dari Djan Faridz soal banyaknya pedagang di Tanah Abang yang tidak taat pajak. Namun saat dikonfirmasi, Djan tidak mau menjawab pertanyaan tersebut.


Bersamaan dengan peresmian Rusunawa Rawa Bebek itu, Djan dan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Kesepakatan Bersama tentang Penyelenggaraan Rumah Susun (Rusun) Khusus Sewa Bagi Masyarakat Yang Terkena Dampak Relokasi Permukiman Kumuh Sepanjang Daerah Aliran Sungai Untuk Mendukung Penataan dan Normalisasi Sungai Ciliwung.


Di dalam kesepakatan tersebut Kemenpera menjalankan fungsinya sebagai regulator, fasilitator, maupun pelaksana pembangunan perumahan sehingga terpenuhi kebutuhan rumah yang layak huni bagi setiap keluarga Indonesia.


Sedangkan, Pemprov DKI Jakarta yang mempunyai tugas antara lain menyelenggarakan urusan pemerintahan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam pemenuhan kebutuhan rumah yang layak huni dan terjangkau bagi masyarakat di Provinsi DKI Jakarta.


Tujuan dari kesepakatan bersama ini sebagai upaya bersama untuk memanfaatkan sumber daya yang ada pada kedua belah pihak yang didasarkan azas saling membantu, saling mendukung sesuai peraturan perundang-undangan untuk pembangunan rumah susun khusus sewa.


Selain itu, untuk menyelenggarakan rumah susun khusus sewa bagi masyarakat yang terkena dampak relokasi permukiman kumuh sepanjang daerah aliran sungai untuk mendukung penataan dan normalisasi Sungai Ciliwung.


(dnl/hen)