Dalam 6 Bulan, Bensin Premium Terjual 14,4 Juta Kiloliter

Jakarta - Dalam periode Januari-Juni 2013, jumlah BBM subsidi yang dijual oleh PT Pertamina (Persero) mencapai 22,6 juta kiloliter (KL), terdiri dari bensin premium, solar, dan minyak tanah.

Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir mengatakan, penjualan BBM subsidi itu mencapai 47,4% dari jatah atau kuota tahun ini 47,6 juta KL. Penjualan ini memang masih normal atau di bawah kuota, namun faktor Puasa dan Lebaran akan meningkatkan permintaan BBM subsidi.


Untuk BBM subsidi jenis premium, yang telah dijual selama 6 bulan ini mencapai 14,4 juta KL atau 46,7% dari kuotanya di tahun ini 30,7 juta KL. "Sementara untuk solar sudah disalurkan 7,7 juta KL atau 48,8% dari kuota tahun ini 14,3 juta KL," kata Ali dalam siaran pers, Selasa (2/7/2013).


Lalu kerosene atau minyak tanah, penjualan dalam 6 bulan mencapai 547 ribu KL, atau 45,6% dari kuota yang telah ditetapkan.


"Realisasi penyaluran BBM bersubsidi dengan tambahan kuota baru masih on track dan diharapkan akan cukup untuk memenuhi kebutuhan bahan bakar masyarakat hingga akhir tahun," kata Ali.


Ali juga menambahkan, stok BBM bersubsidi saat ini berada di level di atas 18 hari untuk premium, dan di atas 20 hari untuk solar. Kondisi stok tersebut akan cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, termasuk menjelang Ramadan.


(dnl/hen)