Mentan Suswono Bantah Hambat Izin Impor Daging untuk Bulog

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono membantah telatnya izin impor daging untuk Perum Bulog ini karena birokrasi di kementeriannya.

"Begitu Bulog minta izin dari kami, hari itu juga izin keluar, tidak ada izin Bulog yang menginap disini," tegas Suswono di Kantornya, Selasa (16/7/2013).


Suswono mengungkapkan Bulog mengajukan dua kali izin ke Kementerian Pertanian agar bisa melakukan tugasnya mengimpor sapi dari Australia.


"Izin pertama tertanggal 25 Juni untuk minta izin agar impornya bisa masuk melalui Pelabuhan Tanjung Priok dan hari itu juga keluar surat rekomendasi," ungkapnya.


"Izin kedua yang diajukan Bulog ke kami pada 11 Juli untuk bisa masuk ke Bandara Internasional Soekarno Hatta, dan hari itu juga surat rekomendasi keluar," tegas Suswono,


Pihaknya menegaskan tidak pernah membuat proses birokrasi yang berlarut-larut. "Tidak ada izin yang menginap terkait impor daging ini, begitu di ajukan hari itu juga surat izinnya keluar," tandas Suswono.


Sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Gita Wirjawan mengatakan soal lambannya izin untuk Perum Bulog karena masalah kepastian ketersedian cold storage Bulog untuk menyimpang daging impor.


"Kemarin agak lambat Bulog perizinannya, karena mereka (Bulog) belum bisa membuktikan jika mereka mampu soal cold storage (ruang penyimpanan daging), oleh karena itu kementan (kementerian pertanian) mengambil sikap untuk tidak memberikan izinnya dulu," kata Gita beberapa waktu lalu.


(rrd/hen)