Mentan Suswono Klaim Harga Telur dan Daging Ayam Turun

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengklaim harga telur ayam ras dan daging ayam saat ini sudah mulai turun. Padahal pekan lalu harga dua komoditi pangan ini naik tajam.

"Harga telur dan daging ayam sekarang sudah turun dan stabil, dan pemerintah akan berusaha menjaga agar harganya stabil terutama pasca Lebaran yang biasanya harganya langsung anjlok," kata Suswono di kantornya, Selasa (16/7/2013).


Suswono mengatakan kenaikan harga ayam dan telur dalam beberapa pekan lalu hanya karena efek psikologis peternak dan pedagang yang melihat ada momentum menambah keuntungan.


"Karena ada momentum harga BBM naik dan mau Puasa, peternak dan pedagang mengambil peluang untuk mendapatkan keuntungan lebih lagi," ucapnya.


Ia mengaku sudah bertanya langsung kepada para peternak, alasan mereka menaikkan harga karena sebagai bentuk kompensasi 6 bulan menderita kerugian.


"Tapi ketika saya tanyai lagi, mereka bukan rugi, untung tapi tipis. Saya minta jangan terlalu ambil untung besar, ini bukan pada tempatnya mencari-cari alasan agar bisa dapat untung lebih," katanya.


Seperti diketahui harga daging ayam sempat mengalami kenaikan cukup signifikan yakni mencapai Rp 45.000 per ekor, padahal harga Mei dan Juni hanya mencapai Rp 15.000-Rp 20.000 per ekor.


(rrd/hen)