Sosok Asep Sang Dirut Baru Merpati Sudah Tak Asing di Mata Pegawai

Jakarta - Di mata pegawai PT Merpati Nusantara Airlines, terpilihnya Asep Ekanugraha sebagai direktur utama (dirut) bukanlah sosok yang asing. Asep yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Direktur Operasi Merpati pada era Sarjono Djhony.

Sekretaris Perusahaan Merpati Herry Saptanto menganggap wajar adanya pergantian direksi. Hal yang sama juga terjadi di perusahaan BUMN lainnya.


"Mulai hari ini, kita sudah mendapat direktur yang baru, kita berharap kerjasama kita semakin erat. Sosok Asep tidak asing bagi kita karena beliau sudah menjabat sebelumnya sebagai direktur operasi. Dua orang lainnya memang baru," jelas Herry saat berdiskusi dengan media di Hotel Grand Shaid Jakarta, Rabu (31/7/2013).


Menurutnya pergantian direksi sudah sesuai dengan apa yang disuarakan oleh rapat umum pemegang saham (RUPS). Bagi Herry, jajaran direksi sangat wajar bisa diangkat atau diberhentikan.


"Tadi pagi jam 07:30 manajemen Merpati yaitu direksi dan dewan komisaris diundang Kementerian BUMN. Dalam waktu tidak begitu lama hasil dari RUPS kita dilakukan adanya pemberhentian direksi dan pengangkatan direksi yang baru. No Keputusan Pemegang Saham yaitu SK/317/MBU/2013, terhitung mulai 30 Juli 2013," katanya.


Ia berharap kinerja perseroan bisa meningkat dengan adanya pergantian direksi yang baru.


Pergantian sendiri berlangsung hari ini bertempat di lantai 12 Kementerian BUMN. Rudy yang menjabat sebagai Dirut sejak 11 Mei 2012 digantikan oleh mantan Direktur Operasi Merpati Capt Asep Ekanugraha. Imam menjelaskan direksi baru Merpati hari ini langsung mulai bekerja.


Berikut ini jajaran direksi baru Merpati:



  • Capt Asep Ekanugraha sebagai Direktur Utama

  • Daulat Musa sebagai Direktur

  • Haryo P. Soerjokoesomo sebagai Direktur




Jajaran direksi lama Merpati:

  • Rudy Setyopurnomo sebagai Direktur Utama

  • Sutan Banuara sebagai Direktur Niaga

  • Doni Suherman sebagai Direktur Keuangan dan Administrasi

  • Denny Satrio Trihandoko sebagai Direktur Operasi

  • Priharyono sebagai Direktur Teknik


(wij/hen)