Suswono Kaget Harga Daging Tembus Rp 100.000/Kg di Daerah Lumbung Sapi

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengaku kaget mengetahui harga daging sapi di daerah sentra sapi seperti Mataram Nusa Tenggara Barat (NTB) tembus mencapai Rp 100.000 per Kg.

"Waktu saya ke Mataram kemarin, saya cukup kaget ketika mengetahui harga daging sapi di pasaran mencapai Rp 100.000 per Kg, padahal Mataram salah satu daerah yang mempunyai sapi cukup banyak," kata Suswono ditemui di Kantornya, Selasa (16/7/2013).


Dikatakan Suswono, padahal harga daging sapi di daerah Sumbawa yang berdekatan dengan Mataram hanya Rp 65.000 per Kg. "Padahal di Sumbawa harganya cuma Rp 65.000 per Kg," ucapnya.


Suswono menuding tingginya harga daging sapi di Mataram yang merupakan sentra sapi sebagai dampak pemberitaan harga daging yang melonjak di Jakarta mencapai Rp 100.000 per Kg.


"DKI Jakarta ini ternyata memberi pengaruh cukup besar bagi daerah, apalagi di Mataram inflasinya cukup tinggi, sementara pedagang sapi di Mataram mengaku sudah minta pasokan cukup banyak tapi dibatasi sama pemasok," ucap Suswono.


Namun Suswono yakin jika harga daging di Jakarta turun maka harga daging di daerah akan turun. "Jabodetabek ini kan jadi barometer, kalau harganya di Jakarta turun maka di daerah juga akan turun harganya," katanya.


(rrd/hen)