Adhi Karya Janji Warga Bekasi-Cibubur Bisa Nikmati Monorel di 2018

Jakarta -Konsorsium BUMN yang dipimpin PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berjanji pembangunan proyek monorel Bekasi-Cawang-Cibubur tak mangkrak. Sehingga 2018, masyarakat Jabodetabek khususnya warga Bekasi-Cibubur sudah bisa menikmati transportasi modern ini.

Pihak Adhi Karya menjelaskan pengembangan monorel ini telah dirancang sesuai konsep model bisnis yang terencana, detail dan terintegrasi dengan moda transportasi lain.


"Kalau Adhi nggak mandang monorel saja. Tapi integrasi dengan bisnis model. Kita create revenue dari salah satu penyelenggaraan monorel. Profit marjin monorel itu tipis. Maka kita integrasi dengan properti. Nanti di stasiun ada apartemen. Nanti penumpang naik dan harga properti naik. Business nggak standing alone," kata Kadiv Transportasi dan Tower Adhi Karya Pundjung Setyabrata usai RUPS di Kantor Pusat Adhi Karya, Jakarta, Kamis (3/4/2014).


Saat kontruksi dimulai pada April 2015, proses pengerjaan akan memakan waktu selama 3 tahun atau akan selesai 2018. Diproyeksi warga Jabodetabek yakni Bekasi Timur dan Cibubur sebagai stasiun keberangkatan monorel menuju Jakarta sudah bisa memakai moda transportasi monorel pada tahun 2018.


"3 tahun masa konstruksi. Konstruksi dimulai tahun 2015 bulan April," sebutnya.


Adhi Karya juga telah belajar dari operasional monorel di negara-negara yang telah mengoperasikan monorel. Seperti gagalnya proyek monorel di Australia atau mandegnya proyek monorel dalam kota DKI Jakarta.


Adhi Karya optimistis proyek monorel bisa berjalan secara berkelanjutan. Caranya Adhi Karya mengintegrasikan stasiun monorel dengan pusat bisnis dan permukiman.Next


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!