Sebelum Jadi Kolektor Action Figure, Ikuti Langkah Ini Dulu

Jakarta -Action figure pada dasarnya memang mainan, tetapi sekarang sudah berkembang menjadi barang koleksi. Apalagi jika ingin menjadikan action figure sebagai sarana investasi, perlu pendekatan khusus.

“Ada kolektor yang menyimpan action figure-nya masih di kemasan, cuma digantung atau dipajang. Itu nilainya lebih tinggi,” kata Bellarminus ‘Billy’ Pratomo, Ketua Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI), kepada detikFinance di Jakarta, kemarin.


Jika action figure dilepaskan dari kemasan, lanjut Billy, harganya bisa turun. “Kalau dijual masih bisa laku 50-60 persen dari harga beli,” ujarnya.


Selain itu, ada beberapa hal yang perlu diketahui jika ingin mengoleksi action figure, seperti dikutip dari situs jual-beli terkemuka, eBay:


1. Tentukan tujuan mengoleksi action figure


Pada dasarnya ada tiga tujuan seseorang membeli action figure yaitu untuk dimainkan, dikoleksi, atau mendapatkan keuntungan finansial di masa mendatang. Tujuan ini akan menentukan apa action figure yang akan Anda beli dan bagaimana memperlakukannya. Seseorang yang hanya ingin bermain biasanya tidak mempedulikan kondisi action figure-nya, tetapi seorang kolektor atau investor akan merawatnya dengan sangat hati-hati.


2. Jaga action figure dalam keadaan bagusNext


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!