Kolektor Action Figure Raup Puluhan Juta Per Bulan

Jakarta -Ada kalanya seorang pehobi ingin kegemarannya juga bisa menjadi mata pencarian. Demikian pula untuk action figure, beberapa kolektornya juga berstatus sebagai penjual. Omzet dari bisnis ini ternyata lumayan, bisa mencapai puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Bellarminus Pratomo adalah salah satunya. Laki-laki berusia 39 tahun ini merupakan ketua Komunitas Action Figure Indonesia (KAFI). Sebagai kolektor, koleksi pribadinya mencapai sekitar 4.000 action figure. Paling banyak adalah karakter DC Comics seperti Superman, Batman, Flash, atau Green Lantern.


“Kemudian ada juga Star Wars. Sisanya campuran, ada dari genre horor, musik, dan sebagainya,” kata Billy, sapaan akrabnya, kepada detikFinance di Jakarta, kemarin.


Billy sudah menyukai action figure sejak masih duduk di bangku SD. “Mulai menggila waktu kuliah. Saya jualan juga, sehingga bisa cari uang sendiri untuk bayar kuliah,” kenangnya.


Selama menekuni hobi ini, Billy mengaku tidak bisa menghitung berapa dana yang sudah dia keluarkan. Namun yang jelas dalam hitungan ratusan juta.


Selain seorang pehobi, Billy juga seorang memiliki toko action figure yang diberi nama Toyzaholic. Nama ini dipilih karena mencerminkan kepribadiannya, yang sangat menggilai action figure.


Sebelum membuka toko, dia pernah menekuni profesi sebagai dosen di sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta. “Sekarang sudah full di dunia ini,” ujarnya.Next


(hds/DES)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!