Adhi Karya Pastikan Monorel Bekasi-Cawang-Cibubur Dibangun April 2015

Jakarta -Pembangunan proyek monorel Bekasi-Cawang-Cibubur yang digarap oleh konsorsium Badan Usaha Milik Negara (BUMN) akan dimulai pada April 2015. PT Adhi Karya Tbk (ADHI) selaku pengembang monorel memastikan proyek akan berjalan meskipun Peraturan Presiden (Perpres) tentang penugasan belum turun.

Adhi Karya tetap menjalankan proyek karena telah memperoleh surat penugasan dari Menteri BUMN Dahlan Iskan dan sedang menunggu izin dari Kementerian Perhubungan selaku regulator transportasi.


"Konstruksi mulai tahun 2015 bulan April. Tanpa atau ada Perpers akan berjalan," kata Kadiv Transportasi dan Tower Adhi Karya Pundjung Setyabrata usai RUPS di Kantor Pusat Adhi Karya, Jakarta, Kamis (3/4/2014).


Saat ini, Adhi Karya tengah mengurus perizinan di Kementerian Perhubungan dan regulator lainnya untuk memperoleh izin rute (trase), izin usaha, izin pembangunan dan izin penyelenggaraan. Adhi Karya juga akan melaporkan perubahan Anggaran Dasar menjadi perusahaan penyelenggara jasa kereta monorel kepada Kemenhub. Memasukkan usaha perkeretaapian pada Anggaran Dasar merupakan prasyarat membangun monorel.


Pengembangan monorel fase I akan mengambil rute Bekasi Timur-Cawang, Cibubur-Cawang, selanjutnya dari Cawang dibawa ke Kuningan. Moda transportasi ini juga akan terkoneksi moda transportasi KRL Jabodetabek, busway hingga monorel dalam kota di beberapa titik.


Pengembangan proyek monorel ini dilakukan berdasarkan perhitungan bisnis sehingga perseroan membangun monorel dari sumber lalu lintas terbesar menuju Jakarta yakni Cibubur dan Bekasi Timur sebagai fase I.


"Dipilih jalur penumpang naik. Jalur potensial dari tempat tinggal ke pusat bisnis. Yang paling besar arus manusia yakni arah Bekasi dan Cibubur tujuan menuju pusat bisnis Kuningan," sebutnya.Next


(feb/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!