Rahasia Kesuksesan Warren Buffett (1)

Jakarta -Saham. Seberapa yakin Anda dengan investasi ini? Skeptis karena terkesan seperti judi, spekulasi, dan sulit?

Sama ... dulu saya juga seperti Anda. Saya merasa sangat skeptis dengan investasi saham, skeptis dengan investasi jangka panjang dalam dunia saham. Namun keraguan saya berbalik 180 derajat setelah saya mempelajari lebih dalam tentang strategi yang digunakan oleh Warren Buffett, sang investor legendaris dunia yang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.


Apa sebenarnya rahasia sukses investasi Warren Buffett di pasar saham? Anda akan terkejut apabila mengetahui bahwa rahasia kesuksesan investasi Warren Buffett sangat sederhana dan jauh dari unsur spekulasi.


Buffet berinvestasi saham dengan mindset membeli bisnis, membeli perusahaan bukan sekedar membeli saham. Setelah menganalisis dan mendapatkan saham incarannya, Buffett menunggu timing yang tepat yaitu ketika nilai intrinsik perusahaan terdiskon besar-besaran, bukan berdasar fluktuasi harga saham yang sementara sifatnya.


Ya, beliau adalah seorang Value Investor, itu sudah menjadi rahasia umum. Namun ada lagi rahasia kesuksesan Buffett yang mungkin belum Anda ketahui, selain dari pemilihan saham yang berfundamental bagus dan terdiskon secara valuasi.


Rahasia kesuksesan Warren Buffett terletak pada prinsip compounding. Prinsip compounding alias bunga berbunga membuktikan, bahwa semakin lama rentang waktu berinvestasi, dan semakin banyak yang diinvestasikan, maka hasilnya akan semakin luar biasa.


Warren Buffett tahu benar akan hal ini, sehingga ia rela menyimpan sahamnya dalam rentang waktu puluhan tahun dan terus menambahkan investasinya dari pendapatan yang ia peroleh dari perusahaan asuransinya Berkshire Hathaway Inc, sehingga ia memperoleh keuntungan investasi ratusan ribu persen dalam investasi saham selema puluhan tahun. Next


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!