Tol Ungaran-Bawen Resmi Dibuka, Tarifnya Masih Gratis

Jakarta -Menteri Pekerjaan Umum (PU) Djoko Kirmanto hari ini dijadwalkan meresmikan pembukaan Tol Semarang-Solo Sesi II Ungaran-Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Sebelumnya, uji kelayakan atas ruas tol sepanjang 11,9 kilometer tersebut berlangsung selama satu bulan. Hasil uji kelayakan dinilai oleh tim dari Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Perhubungan, dan Kepolisian atas Tol Semarang-Solo Sesi II Ungaran-Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, bahwa ruas tol ini laik fungsi dan dapat dioperasikan.


"Hasil uji laik fungsi sudah turun pada Rabu (2/4) sore," kata Direktur Teknik dan Operasional Trans Marga Jateng (TMJ) Ari Nugroho, seperti dikutip dari situs resmi Setkab, Jumat (4/4/2014).


Dalam masa pembukaan ini, ruas tol Ungaran-Bawen akan memasuki akan memasuki tahap uji coba. Selama masa uji coba, belum ada tarif yang dikenakan. "Besaran tarif untuk tol ini, masih dalam pembahasan di Kementerian Pekerjaan Umum," kata Ari.


Menurut Direktur Teknik dan Operasional TMJ itu, kerusakan struktur pendukung, antara lain tebing di bukit Lemah Ireng, Bawen, sudah diperbaiki. "Kerusakan sudah diperbaiki. Jadi, jalan tol dipastikan tidak mengganggu dan membahayakan keselamatan pemakai jalan," tuturnya.


(dru/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!