BBM Subsidi di RI Jenis Premium, di Malaysia Pertamax Plus

Jakarta -Sampai saat ini Indonesia dan Malaysia sama-sama memberikan subsidi BBM kepada rakyatnya. Namun jenis BBM yang disubsidi berbeda. Di Indonesia, bensin subsidinya adalah RON 88 jenis premium, sementara Malaysia memberi subsidi bensin RON 95 jenis pertamax plus.

Harga jual bensin subsidi jenis premium di Indonesia adalah Rp 6.500/liter. Sementara di Malaysia, bensin subsidi RON 95 dihargai sekitar 2,1 ringgit atau sekitar Rp 7.140/liter.


Wakil Menteri Keuangan Malaysia Datuk Ahmad Maslan tahun lalu pernah mengatakan, harga bensin di Malaysia termasuk yang termurah ke-8 di dunia. Jika dibandingkan dengan negara tetangga, harga di Malaysia memang murah.


Sebut saja Thailand yang mematok harga Pertamax Plus di Rp 14.000 dan Singapura yang menjual Pertamax Plus di Rp 16.000. Sementara Indonesia sendiri menjual Pertamax Plus di atas Rp 10.000.


Malaysia sama seperti Indonesia yang memberikan subsidi BBM. Tetapi di Malaysia, BBM yang disubsidi adalah jenis RON 95 atau Primax 95 yang setara dengan Pertamax Plus.


Total subsidi yang diberikan pemerintah Malaysia untuk BBM tahun lalu mencapai 23,7 miliar Ringgit Malaysia atau sebesar Rp 71 triliun. Ini lebih besar dari Indonesia yang penduduknya lebih banyak dengan subsidi hingga Rp 200 triliun lebih.


Beberapa hari lalu, Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengungkapkan, bensin jenis premium RON 88 merupakan bahan bakar yang masih dalam kategori kotor.


"Oktan number 88 atau premium kita, belum termasuk kategori blue energy atau langit biru. Jadi kalau kita menggunakan oktan number rendah, di samping tidak efisien, tingkat polusinya masih tinggi. Oleh sebab itu berbicara soal premium, tidak hanya berbicara soal subsidi tapi juga environmet," kata Hatta.


(rrd/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!