Bulan Ini Waktu Paling Tepat Naikkan Harga BBM

Jakarta -Waktu yang tepat untuk menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi yang tepat adalah bulan ini. Sebab inflasi bulan ini masih relatif rendah.

Tercatat dari laporan Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi tahun kalender Januari-Maret 2014 mencapai 1,14%. Artinya masih sejalan dengan target pemerintah pada level 5,5% hingga akhir tahun.


"Kapan waktu yang tepat untuk menaikkan harga BBM adalah bulan Maret dan April 2014 saat inflasi memang masih rendah," kata Kepala Ekonom Bank Danamon Anton Gunawan saat dihubungi detikFinance, Jumat (4/4/2014)


Akan tetapi, Anton meragukan akan ada kenaikan harga BBM subsidi pada bulan ini. Sebab bertepatan dengan agenda pemilihan umum (pemilu) legislatif yang akan berlangsung pada 9 April 2014.


Sampai dengan Juni 2014, kenaikan harga BBM juga sulit untuk menjadi pilihan pemerintah. Karena ada agenda pemilihan presiden (Pilpres). Di samping itu akan menyusul bulan puasa dan Idul Fitri.


"Selama masih agenda pemilu pasti nggak akan berani. Pemerintah dan DPR juga nggak akan berani. Sulitlah sampai Oktober," ujar Anton.


Pilihan pun hanya tersisa pada November dan Desember. Akan tetapi itu sudah merupakan kewenangan dari pemerintah baru yang terpilih. Karena dalam jadwalnya, Oktober presiden baru sudah dilantik.


"Jadi cuma ada waktu bulan November-Desember. Itu pemerintah baru urusannya. Apakah Jokowi, Prabowo, atau siapa yang sedang kampanye berani nggak menaikkan harga BBM?" terangnya.


Pada akhir tahun, kondisi inflasi menurut Anton juga tidak terlalu tinggi. Bila harga BBM subsidi dinaikkan 30% dari harga sekarang, maka sumbangan inflasi sebesar 1%.


"Pada efek pertamanya inflasi akan menyumbang 1%. Sehingga tahun 2014 inflasi paling sampai ke 6,5%. Mungkin dua bulan pertama tahun 2015 juga ada dampak lanjutan tapi tidak terlalu besar. Jadi harusnya bisa kalau BBM naik tahun ini," pungkasnya.


(mkl/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!