Stasiun Bawah Tanah MRT Jakarta Mulai Dibangun Malam Ini

Jakarta -Proses konstruksi stasiun bawah tanah (underground) proyek Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta dimulai malam ini. Pembangunan kontruksi skala besar tahap I akan dimulai dari area stasiun Bundaran Hotel Indonesia.

Pembangunan kontruksi stasiun bawah tanah sendiri memiliki tiga tahap pekerjaan yakni: pembuatan guide wall, diaphragm wall atau D-Wall, dan penggalian tanah serta pembangunan stasiun bawah tanah.


Sebelum fase penggalian, dilakukan pembuatan soil pond untuk menampung tanah galian stasiun dan kemudian dilanjutkan pembuatan guide wall dan D-Wall. Baru dilanjutkan penggalian stasiun bawah tanah. Kedalaman stasiun bawah tanah berkisar 20 meter hingga 22 meter.


"Malam ini pekerjaan awal berupa persiapan marka jalan dan penutupan soil pond, dilanjutkan pada tanggal 22 April pekerjaan pembuatan guide wall dan pada tanggal 19 Juli pembangunan D-Wall untuk stasiun bawah tanah Bundaran HI akan dimulai," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Dono Boestami saat penjelasan tahap kontruksi di Kantor Pusat MRT Jakarta, Wisma Nusantara, Jakarta, Jumat (4/4/2014).


Dengan dimulainya kontruksi skala besar maka akan dilakukan penutupan median jalan dalam waktu cukup lama yakni sekitar 4 tahun. Selama penutupan median jalan ini, akan ada rekayasa lalu lintas untuk menghindari penumpukan lalu lintas pada area proyek MRT dari Bundaran HI hingga Lebak Bulus.


Untuk proses rekayasa lalu lintas ini, MRT Jakarta menggandeng Dinas Perhubungan DKI Jakarta dan Ditlantas Polda Metro Jaya. Khusus pembangunan stasiun Bundaran HI, lokasinya berada di depan Plaza Indonesia, Kantor Kedutaan Besar Jepang dan Plaza EX. Panjang stasiun sekitar 300 meter.


Selain itu saat pemasangan D-Wall dan pengerukan tanah hingga mencapai kedalaman 22an meter akan dilakukan siang hari namun tanahnya terlebih dahulu disimpan pada soil pond (penampungan sementara). Proses pengangkutan tanah dari soil pond ke lokasi pembuangan akan dilakukan pada malam hari.Next


(feb/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!