Alasan Pengusaha Ikut Sumbang Dana Miliaran Bersama Bill Gates

Jakarta -Delapan pengusaha ikut menyumbangkan dananya masing-masing US$ 5 juta atau sekitar Rp 50 miliar kepada Indonesia Health Fund, bersama orang terkaya dunia Bill Gates untuk memberantas sejumlah penyakit di Indonesia. Apa alasan mereka?

Besaran sumbangan dari 8 pengusaha nasional ini berjangka waktu 5 tahun. Sumbangan ini akan digunakan seluruhnya untuk memberantas berbagai penyakit yang dialami masyarakat Indonesia seperti malaria, HIV AIDS, TBC, polio, dan perencanaan Keluarga Berencana (KB).


Bill Gates sendiri, menyumbangkan dananya hingga US$ 40 juta atau sekitar Rp 400 miliar kepada Indonesia Health Fund.


Presiden Direktur dan CEO Intiland Hendro Gondokusumo salah satu pengusaha yang ikut menyumbang mengatakan, adanya inisiatif penggalangan dana tersebut menjadi hal positif bagi Indonesia. Ini sekaligus memancing pengusaha lain untuk ikut berpartisipasi dalam misi kemanusiaan ini.


"Hari ini kita bisa mancing pengusaha lain untuk ikut berpatisipasi. Indonesia Health Fund ini dananya khusus untuk Indonesia, digunakan untuk memberantas penyakit-penyakit di Indonesia," ujar dia saat ditemui pada acara peluncuran Indonesia Health Fund bersama Bill Gates di Hotel Sangri-La, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).


Menurut Hendro, sumbangan ini salah satu bentuk dari ucapan rasa terima kasihnya kepada Indonesia. "Sebagai pengusaha yang hidup dan gede di sini, ini salah satu partisipasinya. Dulu biasanya cuma menerima sekarang ngasih. Kita ingin berpartispasi bisa ikutan berpartisipasi," terang dia.


Di tempat yang sama, Edward S. Soeryadjaya dari The Principal of Ortus Holdings Limited mengungkapkan, setiap pengusaha yang telah mencapai tingkat kemapanan yang memadai, tak ada salah untuk memberikan sedikit hartanya kepada orang lain.Next


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!