BI: Tak Ada Penarikan Dana Besar-besaran Akibat Pemilu

Jakarta -Pesta demokrasi 5 tahunan Pemilihan Umum (Pemilu) yang bakal digelar 9 April 2014 dinilai Bank Indonesia (BI) tidak akan berdampak signifikan terhadap industri perbankan. Bahkan, hingga mendekati pemilu, tidak ada penarikan dana secara besar-besaran seperti yang terjadi pada Pemilu di tahun-tahun sebelumnya.

"Dari sisi perbankan yang kita pantau, kita tidak melihat ada lonjakan yang signifikan seperti kebiasaan. Seperti penarikan dana itu biasa-biasa saja. Kita tidak melihat juga adanya produksi yang meningkat signifikan," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia (BI) Halim Alamsyah saat ditemui di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Jumat (4/4/2014).


Halim mengungkapkan, menghadapi Pemilu 2014 ini, pihaknya bersama Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) melakukan diskusi terkait dampak-dampak yang kemungkinan terjadi.


"‪Kita sudah diskusikan dampak-dampak ini pada FKSSK dan kita sepakat dan berharap mungkin ada dampak positif, akan tetapi ini tidak seperti yang kita harapkan," tandasnya.


(drk/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!