Aksi Borong Saham Rp 1 Triliun, IHSG Bertambah 21 Poin

Jakarta -Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) bertambah 21 poin berkat aksi borong saham investor asing. Saking maraknya aksi beli, dana asing lebih dari Rp 1 triliun mengalir masuk lantai bursa.

Sementara nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) ditutup melemah di posisi Rp 11.305 per dolar AS dibandingkan posisi penutupan perdagangan kemarin di Rp 11.295 per dolar AS.


Mengawali perdagangan pagi tadi, IHSG naik 7,112 poin (0,15%) ke level 4.877,317 mengekor penguatan yang terjadi di bursa-bursa regional. Aksi beli masih didominasi oleh investor asing.


Secara perlahan indeks terus menanjak di zona hijau sampai ke titik tertingginya di 4.896,611. Sayangnya penguatan ini masih terbatas karena tertahan oleh aksi jual yang dilakukan investor domestik.


Pada penutupan perdagangan sesi I, IHSG naik 19,221 poin (0,39%) ke level 4.889,426 dibantu aksi beli investor asing. Maraknya sentimen positif dari luar negeri menjadi katalis penggerak IHSG.


China berencana menggelar program stimulus mini berupa tambahan belanja anggaran pemerintah. Program ini mulai dari membangun rel kereta, meningkatkan kesejahteraan rakyat kecil, dan pembebasan pajak bagi UKM yang selama ini sudah kesulitan.


Sentimen positif ini disambut baik oleh pelaku pasar. Aksi beli asing berlanjut di tengah pelepasan saham oleh investor lokal.Next


(ang/dru)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!