Kesan 2 Menteri Terhadap Bill Gates yang Dermawan

Jakarta -Kedatangan orang terkaya dunia yaitu Bill Gates ke Jakarta hari ini adalah untuk menggalang dana untuk pembentukan Indonesia Health Fund, guna memberantas sejumlah penyakit di Indonesia. Pemerintah menyerukan kepada pengusaha untuk rajin menyumbang.

Menko Kesra Agung Laksono dan Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, hadir dalam acara pembentukan Indonesia Health Fund itu. Kedua menteri ini mengajak pengusaha nasional ikut berpartisipasi menggalang dana.


"Bill Gates Foundation dan Tahir Foundation sudah bermitra untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Indonesia khususnya dan global umumnya. Untuk menganggulangi AIDS, TBC, malaria. Kita harus dengan pengusaha, sektor swasta, juga dari pemerintah, dengan berbagai kontribusi akan sangat dihargai. Ini bagian dari upaya pengentasan kemiskinan," ujar Agung dalam acara yang digelar di Hotel Sangri-La, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).


Agung menjelaskan, saat ini dana yang sudah terkumpul mencapai US$ 80 juta, yang terdiri dari sumbangan Bill Gates US$ 40 juta, dan sumbangan dari 8 pengusaha nasional masing-masing US$ 5 juta selama 5 tahun.


"Pemerintah berterima kasih pada Gates dan Tahir, komitmen kuat untuk membantu masyarakat, untuk meningkatkan derajat kesehatan di Indonesia," kata dia.


Di tempat yang sama, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi menambahkan, selama bertahun-tahun Bill Gates telah menjadi teladan dunia dalam menunjukkan tanggung jawab sosial korporasi, filantropi, dan kebijakan publik. Bill Gates telah menginspirasi dan mendorong nurani dunia untuk bertindak dalam skala luas menangani isu kesehatan masyarakat dan kebijakan publik.


"Saya menyampaikan penghargaan dan terima kasih kepada 9 pria dan 1 wanita luar biasa, Bill Gates, Tahir, dan 8 pejuang baru dalam kancah kesehatan masyarakat Indonesia," ucapnya.Next


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!