Demi Gerbang Tol Cibatu, Lippo Cikarang Rogoh Rp 250 Miliar

Bekasi -PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) menggelontorkan dana hingga Rp 250 miliar untuk membangun Gerbang Tol Cibatu, Bekasi, Jawa Barat. Gerbang di tol Jakarta-Cikampek ini sebagai akses masuk ke kawasan industri Lippo Cikarang.

"Proyek pembangunan Gerbang Tol Cibatu ini menghabiskan Rp 250 miliar dan luas sebesar 13 hektar," kata Presiden Direktur Lippo Cikarang Meow Chong Loh saat membuka Gerbang Tol Cibatu, Bekasi, Jawa Barat, Sabtu (5/04/2014).


Ia juga mengungkapkan, Gerbang Tol Cibatu ini dapat membantu akses masuk ke kawasan industri Lippo Cikarang. Sebelum adanya gerbang tol Cibatu, akses masuk kawasan industri Lippo Cikarang harus melewati pintu masuk Cikarang Barat.


"Selama ini kita pakai KM 31 (Cikarang Barat) untuk masuk akses Lippo Cikarang dan itu macet sekali, tetapi tidak langsung juga karena harus keluar dulu masuk Cibarusa dan memutar. Ini kan langsung masuk ke Lippo Cikarang. Langsung masuk akses pintu masuk," imbuhnya.


Setelah ini, PT Jasa Marga Tbk (JSMR) diserahkan untuk mengoperasikan Gerbang Tol Cibatu. Ia memastikan pelaku industri di Kawasan Lippo Cikarang akan diuntungkan dengan adanya gerbang tol ini.


"Kami ucapkan terimakasih atas kerja keras atas sekian lama kita tunggu. Dengan beroperasi gerbang tol ini kemacetan dan aktivitas akan berjalan lancar. Kami berharap ke depan semakin baik kerjasama ini. Sekarang semua yang mengurusi Jasa Marga selaku pihak operasional. Manfaatnya tentu saja pengurangan biaya logistik. Manfaatnya besar sekali untuk industri. Biasanya lewat Cikarang Barat itu 3 jam, adanya pintu gerbang ini jelas sangat membantu," jelas Meow.


Gerbang tol Cibatu ini mulai diusulkan pembangunannya oleh Lippo Cikarang sejak Oktober 2005 kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Kemudian Kementerian PU baru memberikan izin pembangunan pada 30 Januari 2007.


"Tahun 2005 mulai diusulkan, perjanjiannya juga melibatkan Menteri PU. Tahun 2011 gerbang tol ini mulai dibangun," imbuhnya.


Perjanjian pembangunan gerbang tol ini dihibahkan kepada Jasa Marga pada 26 Januari 2011. Akhirnya proyek ini rampung pada 18 Februari 2014.


Gerbang tol Cibatu memiliki 9 gardu tol yang terdiri dari 4 gardu masuk (entrance) dalam komposisi 2 gardu multi golongan dan 2 gardu single (khusus Golongan 1, non bus/truk). dan 5 gardu keluar (exit) dengan komposisi 4 gardu multi golongan dan 1 gardu single.


(wij/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!