Tarik Ulur Monorel Bekasi-Cibubur Hingga Bisa Ground Breaking


http://us.images.detik.com/content/2014/04/04/4/073420_monorel.jpg

Jakarta - Selama beberapa periode Gubernur DKI Jakarta, moda transportasi monorel telah diwacanakan dan diusulkan untuk dibangun. Akhirnya monorel diputuskan untuk dibangun.

Rute yang dikembangkan adalah green line dan blue line. Konsesi ini diberikan kepada PT Jakarta Monorail. Proyek monorel kemudian dimulai tahun 2004, namun pada tahun 2008 proyek terhenti karena persoalan modal.


Selanjutnya pada tahun 2012, BUMN yakni PT Adhi Karya Tbk (ADHI) berencana melanjutkan rute green line dan blue line namun dengan modifikasi rute. Hingga akhirnya mempresentasikan monorel kepada Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat awal menjadi kepala daerah Jakarta.


Namun akhirnya Jokowi memberi instruksi melanjutkan konsesi monorel DKI kepada Jakarta Monorail. Adhi karya bersama konsorsium terpaksa mengalah.


Pasca keputusan itu, BUMN tidak patah semangat dan selanjutnya mengembangkan monorel di pinggiran Jakarta namun terkoneksi dengan rute green line. Berikut ini tarik ulur monorel Adhi Karya untuk fase I yakni Cibubur-Bekasi Timur-Cawang hingga proyek ini akan dimulai pada April 2015. Ini rangkuman detikFinance, Jumat (4/4/2014).