Cerita Bill Gates: Sumbang Rp 400 M Untuk Berantas Polio dan TBC di RI

Jakarta -Hari ini, Bill Gates, orang terkaya dunia yang juga pemilik Microsoft datang ke Jakarta. Tujuannya adalah menggalang dana untuk memberantas sejumlah penyakit di Indonesia melalui Indonesia Health Fund.

Di depan 120 undangan yang hadir, pria berumur 58 tahun ini memberi sambutan dan berkisah soal pemberantasan penyakit yang dia lakukan melalui Bill & Melinda Gates Foundation.


"Ketika muda saya nggak tahu soal kesehatan cuma tahu software, saya nggak pernah merasakan kemiskinan dan negara saya take it for granted, kemudian saya mulai membaca, lebih dari satu juta anak di dunia mati gara-gara diare," papar Gates pada acara yang berlangsung di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (5/4/2014).


Pada pertemuan itu, Bill Gates didampingi Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi, Menko Kesra Agung Laksono, dan Chairman serta CEO Grup Mayapada Dato Sri Tahir.


Banyaknya anak-anak di dunia yang meninggal karena diare membuat Gates mulai peduli terhadap kesehatan dan ingin memberantas sejumlah penyakit di dunia.


"Kenapa itu masih ada padahal kita punya advance science. Vaksin hanya tersedia di negara-negara kaya, padahal anak-anak di negara maju nggak banyak yang menderita itu. Ada 5% anak-anak mati di bawah umur 5 tahun," ujar dia.


Karena itu, Gates tergugah untuk lebih peduli membantu masyarakat terbebas dari penyakit-penyakit seperti malaria, HIV AIDS, TBC, polio, dan lain-lain.Next


(drk/dnl)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!