Ada Kontainer Isi Daging 'Menginap' 2 Tahun di Priok, Mendag Lutfi: Musnahkan Saja!

Jakarta -Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung mendapati ada kontainer yang sudah menginap 2 tahun di Pelabuhan Tanjung Priok. Kontainer tersebut di antaranya berisi daging sapi. Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menyarankan agar kontainer tersebut dimusnahkan saja.

"Kalau sudah 2 tahun diambil saja dan dimusnahkan saja," tegas Lutfi saat ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, Jalan Ridwan Rais, Jakarta, Jumat (27/06/2014).


Sekarang hingga 10 hari ke depan, Lutfi akan melakukan pendataan keseluruhan jumlah kontainer yang tinggal lama di Pelabuhan Tanjung Priok. Tugas itu sudah diberikan dari Menteri Koordinator bidang Perekonomian Chairul Tanjung.


"Jadi saya dalam 10 hari akan intensif melihat masalah tersebut yang pasti kalau tidak ada masalah tetapi tidak ditebus akan menjadi barang milik negara," imbuhnya.


Keberadaan kontainer yang tinggal lama di Pelabuhan Tanjung Priok diakui Lutfi cukup menguras keuangan negara. Karena biaya sewa dan infrastruktur lain selama ini ditanggung oleh negara.


"Pokoknya begini kita msti lihat impornya itu legal atau tidak itu tugas dari Badan Karantina dan Bea Cukai. Sekarang yang menjadi isu yang stay lama lebih dari 30 hari. Biaya yang lebih dari 30 hari aja sudah pusing apalagi long stayer ini. Jadi saya berkeyakinan setelah 30 hari mesti ada tindakan yang jelas. Bisa dibayangkan masa listriknya kita yang bayar," papar Lutfi.


(wij/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!