Ini Dia Bisnis yang Moncer Jelang Lebaran

Jakarta -Menjelang hari Raya Lebaran, permintaan akan bingkisan meningkat. Tradisi ini menjadi sumber rezeki bagi pelaku industri bingkisan seperti parcel karena banyak dari masyarakat yang menggunankan parcel sebagai buah tangan untuk diberikan saat berkunjung ke relasi, keluarga maupun sahabat.

detikFinance pun menyempatkan berkunjung ke Jalan Barito, Jakarta Selatan. Lokasi ini dikenal sebagai salah satu pusat parsel buah murah di Jakarta.


Salah satu kios parcel buah di Jalan Barito, Jakarta Selatan bernama 'Kios Buah Bu Marmi' biasa menjual hingga 500 parcel setiap lebaran. Pemilik kios itu, Sulis, mengaku pembelinya terdiri dari perorangan dan perusahaan-perusahaan sekitar.


"Kalau puasa sampai lebaran bisanya 500 parcel keluar. Dari tahun-ke tahun kurang lebih segitu. Banyak yang beli dari perusahaan, yang eceran juga ada satu dua. Tapi lebih banyak yang dari perusahaan," kata Sulis kepada detikFinance di kiosnya, Sabtu (28/


Selain parcel buah, menjelang Lebaran, diakui Sulis dirinya juga menjual berbagai parcel dalam bentuk lain. "Kita tidak cuma jual parcel buah, ada juga parcel keramik, sama yang banyak laku itu parcel kue," kata dia.


Harga parcel buah yang Sulis jual berkisar Rp 30-200 ribu, sementara parcel kue Rp 250-600 ribu. "Tapi sekarang belom ada karena masih awal. Biasanya seminggu lebaran baru kita bawa. Yang minta juga biasanya tunggu deket lebaran, pesennya emang jauh hari tapi minta kirimnya 5 hari sebelum hari H," tutur dia.


Diakui Sulis, parcel-parcel tersebut dibuat sendiri oleh Sulis tak jauh dari kiosnya. Bahan-bahan parcel buah, Menik ambil dari kios. Sementara parcel kue, ia membeli terlebih dahulu di pasar swalayan. Dalam membeli kue-kue dalam kemasan, Menik pun tak lupa memperhatikan tanggal kadaluarsanya.


Dari hasil penjualan selam bulan Ramadhan dan Hari Raya Lebaran ini, dirinya bisa mengantongi uang hingga Rp 125 juta. Angka yang tidak sedikit.


"Tapi kan nanti harus potong buat belanja buah lagi. Tapi memang luayan kalau puasa lebaran dapatnya (hasil penjualannya)," pungkas dia.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!