BI Gandeng TNI-AL dan KAI Sebar Uang ke Daerah

Jakarta -Bank Indonesia (BI) bekerjasama dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Laut (TNI-AL) untuk mendistribusikan uang ke daerah-daerah di Indonesia. Uang itu untuk memenuhi kebutuhan menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.

"Dalam melaksanakan distribusi uang, selain menggunakan truk yang dimiliki BI baik di kantor pusat maupun kantor perwakilan dalam negeri, kami juga melakukan kerjasama dengan penyedia jasa transportasi darat yakni kereta api, laut dengan kapal penumpang, serta udara dengan pesawat terbang. Bahkan kami juga kerjasama dengan TNI AL," kata Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Lambok Antonius Siahaan saat ditemui di Gedung BI, Thamrin, Jakarta, Kamis (26/6/2014).


Dia menjelaskan, pihaknya juga telah menyusun beberapa perencanaan pengiriman uang melalui pengaturan dan penjadwalan pengiriman uang dari Kantor Pusat (KP), ke seluruh Kantor Perwakilan Dalam Negeri (KPw-DN) mulai awal Mei 2014 hingga menjelang Idul Fitri 2014.


"Khususnya untuk KPw-DN yang berdekatan dengan KP atau bila ada KPw-DN yang mengalami lonjakan permintaan," ujarnya.


Selain itu, BI juga bekerjasama dengan perbankan dalam memenuhi kebutuhan uang sebelum dan selama periode Ramadhan dan Idul Fitri.


BI memprediksi, kebutuhan uang tunai untuk kebutuhan bulan Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 2014 ini mencapai Rp 118,5 triliun atau meningkat 14,9% dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 103,2 triliun.


"Kita siap untuk melayani. Sangat aman.

Kerjasama seluruh kantor perwakilan dalam negeri," kata Lambok.


(drk/zul)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!