Pedagang Bunga Pemakaman Dapat Tambahan Rezeki Jelang Puasa

Jakarta -Bulan puasa sering dijadikan sebagai momentum bagi sebagian orang untuk mencari tambahan rezeki. Rezeki juga bisa diraup bahkan sebelum bulan suci umat islam ini datang.

Salah satunya adalah bisnis bunga untuk taburan pemakaman yang juga mendulang berkah dari datanganya bulan ibadah sekali setahun ini.


Abdul Hamid, salah satu pedagang di pelataran makam Barito, Jakarta Selatan yang sempat ditemui detikFinance menyebutkan, usaha ini biasa dilakoninya pada 15 hari sebelum pelasanaan ibadah puasa.


"Ini 15 hari sebelum puasa kita gelar. Banyak yang ziarah kubur. Tradisinya kan gitu, jadi kita manfaatkan buat cari tambahan," kata Hamid.


Hamid yang mengaku sehari-hari berprofesi sebagai penambal ban ini cukup tertolong dengan adanya momentum musiman ini.


"Ini memang tidak setiap hari dagang begini. Biasanya mah jadi tambal ban saja. Tapi kalau ini, ya namanya musiman, buat tambahan saja," tuturnya.


Untuk satu kantong kecil berisi kelopak bunga, dirinya menjual dengan harga Rp 5.000. Sementara, dalam 1 hari dia mengatakan bisa menjual hungga 25 plastik. Artinya dirinya bisa mengantongi Rp 125000 dalam 1 hari.


"Malah, kalau rame itu bisa jual 2 plastik gede. Itu bisa buat 50 kantong plastik kecil. Jadi lumayan juga dapetnya," kata dia.


Dirinya menambahkan, memntum ini akan kembali datang pada hari pelaksanaan Lebaran. Pada hari itu, bahkan pengujung makan akan bertambah lebih banyak lagi.


"Selama puasa kita gak dagang, nanti dagang lagi pas Lebaran. Ada 3 hari lah, kita dagang lagi. Biasanya hari kedua lebaran yang paling ramai," pungkas dia.


(ang/ang)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!