Di Depan CT, Gubernur Sumbar Curhat Produksi Pangan dan Inflasi

Padang -Pemerintah mengubah gaya koordinasi dengan pemerintah daerah (pemda) di akhir masa pemerintahan Presiden SBY.

Melalui Menteri Koordinator Perekonomian Chairul Tanjung (CT), pemerintah mendatangi daerah-daerah untuk mendengarkan keluhan hingga mencari solusinya.


Padang, Sumatera Barat (Sumbar) menjadi salah satu tempat tujuan CT. Agenda ini juga mengikutsertakan para gubernur di Pulau Sumatera.


Saat tiba di Padang, CT langsung menerima curahan hati (curhat) Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Politisi dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut memaparkan kondisi perdagangan hingga dampak inflasi di daerahnya.


Menurut Irwan, Sumbar merupakan salah satu produsen pangan yang cukup besar di Sumatera, seperti beras, cabai, daging dan yang lainnya. Bahkan dalam hitungannya, sudah sampai pada titik swasembada.


"Demi mencukupi kebutuhan masyarakat, kita lakukan percepatan produksi pangan. Sampai akhirnya bisa dikatakan kita sudah swasembada pangan di sini," ujar Irwan di Hotel Grand Inna Muara, Padang, Jumat (29/8/2014)


Akan tetapi, hasil produksi tersebut tidak jatuh ke konsumen yang berada di Sumbar. Melainkan menyeberang ke wilayah Riau dan Jambi. Sehingga pasokan di dalam daerah sendiri menjadi tidak cukup.Next


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!