Mau Siapkan Anggaran Liburan Akhir Tahun, Ini Tipsnya

Jakarta -Tidak terasa bulan Agustus sudah mau berakhir! Itu artinya empat bulan lagi kita bisa menikmati libur akhir tahun. Kira-kira rencana apa yang sudah Anda siapkan untuk liburan akhir tahun ini?

Di antara Anda mungkin ada yang sudah membuat rencana libur akhir tahun dengan sangat detil, beberapa orang lainnya baru mendapatkan gambaran besarnya saja atau mungkin Anda termasuk yang belum merencanakan apa pun.


Apa pun kondisi Anda saat ini, tips berikut mungkin akan sangat bermanfaat untuk membantu menyiapkan anggaran liburan dan melindungi rekening bank Anda supaya tidak bocor pasca liburan. Berikut tips Perencana Keuangan ZAP Finance Ratih Nurmalasari seperti dikutip detikFinance dari situs resminya, Minggu (31/8/2014).


1. Tentukan Gaya Liburan


Anggaran mengikuti aktivitas liburan atau aktivitas liburan yang menyesuaikan anggaran? Jika Anda sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari dan sudah memiliki tabungan atau investasi sesuai dengan rencana tersebut, maka Anda bisa mengambil opsi pertama. Namun jika Anda baru merencanakannya sekarang, saya lebih menyarankan mengambil opsi kedua.


2. Membuat Anggaran Liburan


Berikut ini item-item yang bisa membantu Anda mendapatkan angka anggaran secara keseluruhan :Next


(drk/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!