Ingat! Seluruh BBM Subsidi Bakal Habis Paling Lambat 20 Desember

Jakarta -Jika tidak ada langkah apapun dari pemerintah terkait kebijakan BBM subsidi dalam waktu dekat, maka diperkirakan seluruh jatah BBM subsidi habis paling lambat pada 20 Desember 2014.

"Saat ini Pertamina diminta pemerintah untuk tidak lagi melakukan pengkitiran (pemotongan jatah BBM subsidi di SPBU) akibatnya secara garis besar volume konsumsi BBM subsidi akan lebih dari kuota yang ditentukan, akan over 1,35 juta kilo liter (KL)," kata Direktur Pemasaran dan Niaga Pertamina Hanung Budya, ditemui di Bandara Halim Perdana Kusuma, Rabu kemarin.


Hanung mengungkapkan, jika tidak ada penambahan jatah BBM subsidi atau tidak dilakukan langkah apapun dari pemerintah, maka jatah BBM subsidi akan habis seluruhnya paling lambat 20 Desember 2014.


"Sampai hari ini kuota tidak ditambah dan do nothing maka hitungan kami premium habis 20-an Desember, solar awal Desember," ungkap Hanung.


Seperti diketahui, jatah BBM subsidi saat ini dalam kondisi kritis sehingga membuat Pertamina sempat melakukan pemangkasan jatah BBM subsidi di SPBU sebanyak 5%-20% sejak 18-26 Agustus yang berdampak pada antrean panjang kendaraan di SPBU di berbagai daerah.


Melihat kondisi jatah BBM subsidi yang kritis tersebut, Presiden Terpilih Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan pertemuan dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) semalam di Bali, meminta agar SBY menaikkan harga BBM subsidi.


(rrd/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!