Pertamina Pastikan Tak Ada Lagi Antrean Panjang di SPBU

Jakarta -PT Pertamina (Persero) mengklaim sudah tidak ada lagi antrean panjang kendaraan di SPBU, karena pihaknya sudah menyalurkan BBM subsidi sesuai kebutuhan masyarakat.

"Sudah tidak ada antrean panjang lagi yang mencapai berkilo-kilo meter. Tapi kalau pun masih ada antrean, masih dalam batas normal, namanya orang beli BBM di SPBU pasti ada antrean," ujar Vice President Corporate Communication Pertamina Ali Mundakir, dihubungi, Sabtu (30/8/2014).


Ali mengatakan, pihaknya menjamin pasokan BBM subsidi akan terpenuhi sesuai kebutuhan masyarakat. Tidak ada lagi pemotongan pasokan BBM subsidi ke SPBU.


"Pasokan semua sudah normal dan aman," ucapnya.


Terkait prediksi Pertamina, jika jatah BBM subsidi 46 juta kilo liter (KL) tidak akan cukup sampai akhir tahun, bahkan jika terus dipasok sampai 31 Desember 2014 dibutuhkan tambahan volume BBM subsidi 1,35 juta KL-1,5 juta KL. Ia mengatakan, sudah mendapatkan jaminan dari pemerintah, kalau kelebihan penyaluran BBM subsidi akan ditanggung pemerintah.


"Sudah ada penegasan dari pemerintah, sehingga jika kelebihan akan ditanggung pemerintah, pegangan kita itu, jadi masyarakat tidak perlu khawatir, BBM akan selalu tersedia cukup," tutupnya.


Seperti diketahui sejak 18-26 Agustus, Pertamina mengambil langkah memotong jatah pasokan BBM subsidi setiap SPBU. Langkah ini diambil agar BBM subsidi cukup sampai 31 Desember 2014. Tetapi hal tersebut berdampak pada antrean panjang dan panic buying di SPBU.


(rrd/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!