Krakatau Steel Bidik Produksi Baja 7,1 Juta Ton, Naik 127%

Jakarta -PT Krakatau Steel Tbk (PT KS) membidik kapasitas produksi baja meningkat 127%, dari 3,15 juta ton pada 2013 menjadi 7,15 juta ton pada 2018. Perseroan juga mengincar peningkatan pendapatan non-baja sebesar 87% dari US$ 333 juta menjadi US$ 624 juta.

"Daya saing PT KS juga akan ditingkatkan melalui penurunan biaya produksi slab baja sebesar 13% dan memproduksi produk-produk bernilai tambah tinggi, dari 200 ribu ton menjadi 860 ribu ton sepanjang periode 2013-2018," kata Direktur Utama PT KS Irvan K Hakim dalam keterangan tertulisnya, Minggu (31/8/2014).


Perseroan dengan menjalankan empat strategi guna mengoptimalkan kinerja perusahaan ke depan. Langkah-langkah tersebut adalah meningkatkan daya saing biaya, memperbesar kapasitas produksi, meningkatkan produk bernilai tambah tinggi, dan meningkatkan bisnis non-baja.


Irvan memaparkan, peningkatan kapasitas produksi dilakukan guna memenuhi pasar baja domestik yang terus tumbuh serta mempertahankan posisi Krakatau Steel sebagai pemasok baja utama. Krakatau Steel akan membangun hot strip mill (HSM) II.


Fasilitas hot strip mill (HSM) II merupakan lini baru untuk memproduksi baja lembaran canai panas berkapasitas 1,5 juta ton/tahun, serta yang telah selesai adalah pendirian pabrik baja terpadu PT Krakatau Posco dengan kapasitas produksi 3 juta ton/tahun, terdiri atas produksi 1,5 juta ton pelat dan 1,5 jutaan ton slab untuk bahan baku perseroan, serta pendirian pabrik baja profil dan batangan PT Krakatau Osaka Steel (bekerjasama dengan Osaka Steel Corporation) berkapasitas 500 ribu ton/tahun.


Sementara itu, upaya meningkatkan daya saing biaya dilakukan melalui pembangunan pabrik Blast Furnace, dengan target menurunkan biaya produksi slab SSP1 dan SSP2 sebesar US$ 64 per ton, yang dihasilkan melalui penurunan biaya bahan baku dan konsumsi listrik di Steelmaking.


Menurut Irvan peningkatan produksi produk-produk bernilai tambah tinggi dilakukan, antara lain dilakukan melalui pembangunan pabrik Galvanizing & Annealing Line PT Krakatau Nippon Steel Sumikin. Pabrik hasil kerja sama dengan Nippon Steel Sumitomo Metal Corporation ini akan memproduksi baja galvanizing dan anealing untuk sektor otomotif dengan kapasitas 500.000 ton per tahunNext


(hen/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!