Tak Mau Jadi Menteri Lagi, Dahlan Ingin Kembangkan Usaha Sociopreneurship

Halmahera Selatan -‎Menteri BUMN Dahlan Iskan mengaku tak berminat jika diminta menjadi menteri kembali. Sebab Dahlan sudah punya rencana lain yakni ingin mengembangkan usaha yang dinamakannya Sociopreneurship .

‎"Saya sendiri mengira tidak akan menjadi menteri lagi‎. Saya membentuk satu badan yang disebut sociopreneur. Karena saya tidak mungkin ngurus perusahaan karena pertama saya sudah tidak mau cari duit, kedua ditangan anak saya (perusahaan) lebih maju," kata Dahlan di Halmahera Selatan, Maluku Utara, Jumat (29/8/2014) malam.


Dahlan mengatakan, usaha yang dibangunnya tetaplah berbasis bisnis dan menghasilkan keuntungan. Hanya saja, tujuan dari usahanya itu untuk menguntungkan masyarakat.


"Usaha sosial tapi harus dikelola seperti bisnis, bisnisnya yang menguntungkan masyarakat luas‎. Misal di suatu daerah tidak ada listrik, maka perusahaan itu akan membangun listrik. Masyarakat akan menanam pohon kaliandra merah, rakyat biar yang jualan, kayunya kita beli untuk bikin listrik (Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa), listriknya dijual lagi ke masyarakat," kata Dahlan.


Selain itu, Dahlan juga sempat berpesan kepada Menteri BUMN selanjutnya tetapi mengkatkan antara BUMN dengan politik, sebab keduanya berbeda.


"BUMN ini jangan dicampuri politik, saya sebetulnya hanya menjaga teman-teman, pak dirut-dirut ini supaya jangan dicampuri politik‎. Ibaratnya punya 'agama' masing-masing. Jangan ganggu-ganggu BUMN nanti hancur lagi seperti dulu," tandas Mantan Direktur Utama PT PLN itu.


(dha/rrd)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!