Soft Launching Monorel Bandung Raya Digelar Saat Puncak HUT Jabar

Bandung -Soft launching Monorel Bandung Raya yang rencananya dilaksanakan akhir Agustus ini ditunda hingga puncak peringatan HUT Provinsi Jabar ke-69 dalam acara De Syukron di Gedung Sate 19 September mendatang. Selain mencari momen yang tepat, saat ini persyaratan administrasi pun masih ada yang perlu dibereskan.

Hal itu disampaikan Asda IV Administrasi yang juga penanggung jawab pembangunan Monorel Bandung Raya, Iwa Karniwa, saat ditemui detikFinance di ruang kerjanya di Gedung Sate, Bandung, Jumat (29/8/2014).


Iwa menjelaskan, saat ini pembangunan Monorel Bandung Raya telah sampai pada pembentukan joint venture atau perusahaan bersama bernama PT Jabar Moda Transportasi, yang merupakan gabungan dari PT Jasa Sarana (JS) sebagai BUMD yang mewakili Pemprov Jabar serta PT Sarana Infrastruktur Indonesia (SII), anak perusahaan Panghegar Grup. Panghegar Grup ini yang akan menjadi mitra China National Machinery Import and Export Corporation (CMC).


"PT Jabar Moda Transportasi ini sudah didaftarkan ke Kementerian Hukum dan HAM dan sudah disetujui dan sedang dalam proses legalisasi. Insya Allah awal September sudah bisa jalan, termasuk penempatan komisaris dan direksi," paparnya.


Tim juga menyusun surat perjanjian kerjasama antara Pemprov Jabar dengan PT JMT yang baru saja terbentuk itu. Tahapan pembangunan yang saat ini tengah ditempuh adalah rencana pembentukan badan induk perkeretaapian.


"Kita ingin pembangunan Monorel Bandung Raya ini sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Saat ini sedang disusun rencana induk perkeretapian," tuturnya.


Usulan permohonan lima trase Monorel Bandung Raya ini juga sudah dilayangkan ke Kementerian Perhubungan dan masih dalam pembahasan lanjutan. Kelima itu trase itu adalah Gedebage-Tanjungsari (Bandung-Sumedang), Gedebage-Soreang (Bandung-Kabupaten Bandung), Gedebage-Cimahi (Bandung-Cimahi), Gedebage-Dago, dan Gedebage-Majalaya (Bandung Kabupaten Bandung Barat).Next


(tya/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!