Sabar, Pembangunan 5 Rute Monorel Bandung Raya Selesai 25 Tahun

Bandung -Proyek Monorel Bandung Raya akan memasuki tahap soft launching pada 19 September mendatang, bertepatan dengan HUT Jabar ke-69. Ada lima trase yang akan dibangun. Lama pembangunan ditargetkan selesai dalam kurun waktu 25 tahun.

Usulan permohonan lima trase Monorel Bandung Raya ini juga sudah dilayangkan ke Kementerian Perhubungan dan masih dalam pembahasan lanjutan. Kelima itu trase itu adalah Gedebage-Tanjungsari (Bandung-Sumedang), Gedebage-Soreang (Bandung-Kabupaten Bandung), Gedebage-Cimahi (Bandung-Cimahi), Gedebage-Dago, Gedebage-Majalaya (Bandung Kabupaten Bandung Barat).


Menurut Asda IV Administrasi sekaligus penanggung jawab pembangunan Monorel Bandung Raya Iwa Karniwa, usulan lima trase Monorel Bandung Raya ini sudah dilayangkan ke Kementrian Perhubungan.


"Masih dalam pembahasan lanjutan. Kira-kira selesai 25 tahun," ujarnya kala ditemui detikFinance di ruang kerjanya, Gedung Sate, Bandung, Jumat (29/8/2014).


Iwa menjelaskan, saat ini pembangunan monorel Bandung raya telah sampai pada pembentukan joint venture atau perusahaan bersama bernama PT Jabar Moda Transportasi, yang merupakan gabungan dari PT Jasa Sarana (JS) sebagai BUMD yang mewakili Pemprov Jabar serta PT Sarana Infrastruktur Indonesia (SII), anak perusahaan Panghegar Grup. Panghegar Grup ini yang akan menjadi partner China National Machinery Import and Export Corporation (CMC).


Jika sesuai dengan rencana, maka pada 19 September mendatang Pemprov Jabar akan melakukan soft launching.


"Mudah-mudahan badan usaha perkeretaapian sudah selesai. Diharapkan di puncak HUT Jabar ke-69 tahun nanti sudah bisa soft launching. Momennya sangat strategis," tutur Iwa.


(tya/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!