Ini Solusi CT untuk Gubernur Sumbar yang Bingung Soal Inflasi

Padang -Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengaku sempat bingung soal permasalahan pangan dan inflasi yang terjadi di daerahnya. Menko Perekonomian Chairul Tanjung (CT) mencoba memberikan solusi.

CT mengakui, kendala yang dialami oleh Sumbar memang sulit untuk mencapai masyarakat yang sejahtera. Alasannya karena petani dan masyarakat sebagai konsumen sama-sama merugi.


"Petani menjual hasil produksinya dengan harga rendah. Sementara konsumen dikenakan harga yang tinggi. Iya masyarakat tidak akan sejahtera," ujarnya di Hotel Grand Inna Muara, Padang, Jumat (29/8/2014).


Harusnya, menurut CT yang dilakukan oleh pemerintah daerah adalah dengan mematok harga yang layak untuk petani. Sehingga hasil produksi dapat dijual di daerahnya sendiri, bukan di wilayah lain. Pasokan aman dan konsumen tidak akan terganggu daya belinya.


"Jadi naikkan harga jual petani dan turunkan harga di konsumen adalah cara yang baik. Untuk sejahterakan petani," ujarnya.


Mekanisme yang bisa dilakukan adalah dengan pemutusan mata rantai perdagangan. Karena terjadinya permasalahan tersebut, karena mata rantai yang panjang.


"Gubernur sudah fokus pada produksinya itu bagus. Sekarang saatnya pada sisi perdagangan untuk fokus. Sehingga dapat diputus mata rantainya menjadi lebih pendek," papar CT.Next


(mkl/hen)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!