Investor Berharap Ada Menteri Jokowi dari KMP

Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan mengumumkan komposisi kabinetnya dalam waktu dekat. Pelaku pasar memiliki kriteria khusus bagi menteri-menteri di kabinet Jokowi.

Fauzi Ichsan, Ekonom Standard Chartered Bank, mengatakan saat ini pasar tengah menantikan pengumuman kabinet di pemerintahan Jokowi. Investor berharap kabinet baru ini ramah terhadap investasi.


Kabinet Jokowi, lanjut Fauzi, tentu diharapkan banyak diisi kalangan profesional yang ahli. Namun ternyata investor juga ingin agar personel kabinet datang dari perwakilan kubu oposisi Koalisi Mera Putih (KMP).


"Diharapkan ada dari KMP," ujar Fauzi dalam diskusi US Economic Recovery di Energy Building, Jakarta, Rabu (22/10/2014). Menteri dari KMP diharapkan bisa membuat hubungan antara pemerintah dengan parlemen tidak terlalu tegang.


Sejauh ini, tambah Fauzi, investor belum melihat ada potensi parlemen untuk menjegal pemerintahan Jokowi. Pasalnya, Prabowo Subianto, Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, sudah bertemu dengan Jokowi. Prabowo sudah menemui Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK).


Pertama, hal yang ditunggu-tunggu dan diharapkan oleh investor adalah proses transisi yang berjalan mulus. Kondisi itu sudah terjadi dan berdampak cukup baik bagi investor dan ekonomi di Indonesia.


"Pemerintah aman dan damai, itu sudah terjadi. Ini harus dijaga," tuturnya.


(zul/hds)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!